Israel Akhirnya Copot Alat Pemindai Logam

Israel Akhirnya Copot Alat Pemindai Logam

Israel pada akhirnya mengambil keputusan mencopot alat pemindai logam yang dipasang di pintu masuk Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur. Meskipun demikian Negeri Bintang Daud malah menaikkan camera pengawas di kompleks masjid.

Koran the Washington Post memberikan laporan, Selasa (25/7), dalam rapat kabinet tempo hari yang berjalan alot sepanjang sebagian jam, pada akhirnya ketentuan itu di ambil. Langkah ini rupanya sisi dari perjanjian pada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan Raja Yordania Abdullah II sebagai pengelola lokasi suci itu mulai sejak 1967.

Kantor berita pemerintah Yordania memberikan laporan, dalam sambungan telepon tempo hari Raja Abdullah menekan Netanyahu untuk akhiri penyebabnya krisis di Al-Aqsa.

Ketentuan sepihak Netanyahu yang memerintahkan pemasangan alat pemindai logam itu telah buat geram Kerajaan Yordania.

Direktur Masjid Al-Aqsa Najeh Bakirat menyebutkan pencopotan pemindai logam itu belum juga penuhi hasrat beberapa jemaah muslim karna camera pengawas masih tetap terpasang.

Petinggi Al-Aqsa Raid Saleh menjelaskan, rakyat Palestina akan tidak terima status Al-Aqsa sekarang ini terkecuali apa yang terpasang mulai sejak 14 Juli dicopot semuanya.

Kondisi sekarang ini tidak terang, mereka (Israel) lakukan pemasangan waktu larut malam, diselimuti kegelapan, seperti kelelawar,” kata dia.

Kabinet Israel dilaporkan menggelontorkan dana sekitaran USD 28 juta untuk menempatkan perlengkapan serta aparat keamanan di Al-Aqsa.

Baca juga:  Reuters Layoffs 4% of Employee

Related posts

Leave a Comment