Bank Dunia: Ekonomi Indonesia tumbuh 5,3 persen di 2018

Bank Dunia: Ekonomi Indonesia tumbuh 5,3 persen di 2018

Pertumbuhan PDB riil diproyeksikan meningkat dari 5,2 persen tahun ini 5,3 persen pada tahun 2018, menurut Bank Dunia pada Juni 2017 pada laporan triwulanan perkembangan Perekonomian Indonesia.

Pertumbuhan PDB riil diperkuat untuk 5,0% pada kuartal pertama 2017 dibandingkan 4,9% pada kuartal sebelumnya, didorong oleh rebound di konsumsi pemerintah dan ekspor melonjak,” Rodrigo A Chaves, Country Director Bank Dunia untuk Indonesia pada hari Kamis lalu.

Menurut Bank Dunia, seperti dikutip Antara, ekonomi Indonesia mulai pijakan yang pada tahun 2017 pada pijakan yang kuat, yang diaktifkan oleh lebih mendukung lingkungan global dan peningkatan fundamental domestik.

Seperti perkiraan pertumbuhan ini sejalan dengan peningkatan yang diharapkan dari PDB global dari 2,7% tahun ini menjadi 2,9% pada periode 2018-2019.

Fundamental ekonomi indonesia yang membaik. Oleh karena itu, outlook terus positif. Ini adalah kabar baik yang menambahkan potensi pertumbuhan akan kurang rentan terhadap guncangan global,” Rodrigo mengatakan.

Kinerja fiskal pada semester pertama 2017 kuat, dengan peningkatan pendapatan dibandingkan dengan tahun lalu dan kualitas yang lebih baik dari pengeluaran.

Konsumsi swasta diperkirakan akan meningkat dengan inflasi yang moderat, nilai tukar yang stabil, kuat kepercayaan konsumen, dan konsumen yang rendah suku bunga kredit.

Didukung oleh penguatan pendapatan fiskal, pemulihan di konsumsi pemerintah dilihat pada Q1/2017 diperkirakan akan terus berlanjut.

Dalam perkiraan awal, investasi ini diharapkan dapat memperkuat karena untuk melanjutkan pemulihan di harga komoditas, peningkatan kepercayaan investor yang didukung oleh S & P rating upgrade, dan penurunan suku bunga kredit komersial.

Baca juga:  High Capital Inflow, Why Rupiah Collapsed

Pertumbuhan ekspor diperkirakan akan meningkat tahun ini dan tetap kuat pada tahun 2018, didukung oleh permintaan eksternal yang kuat sebagai global pertumbuhan ekonomi dan perdagangan global pulih.

Related posts

Leave a Comment