Indonesia Mempertahankan Tren Kenaikan Cadangan Devisa

Cadangan devisa Indonesia foreign exchange (forex) meningkat US$500 juta hingga US$116.9 miliar pada bulan Januari 2017. Juru bicara Bank Indonesia (BI), Tirta Segara, mengatakan bahwa pendapatan dari pajak, ekspor minyak dividen dan baru-baru ini lelang surat utang pemerintah lebih tinggi daripada jumlah yang dibutuhkan untuk membayar utang pemerintah terhadap mata uang asing yang beredar.

Cadangan yang cukup untuk menutupi 8,7 bulan impor atau 8,4 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah. Bank Indonesia meyakini bahwa ekspor dapat mendukung ketahanan Indonesia terhadap tekanan eksternal serta mendukung pertumbuhan ekonomi.” ujar Tirta dalam sebuah pernyataan yang dikutip The Jakarta Post.

Melebihi tingkat standar internasional untuk cadangan devisa, yang harus mencakup setidaknya tiga bulan import.

custom
Tambahan komisis $500 setiap bulan pada Indonesia foreign exchange

Bank sentral sebelumnya melaporkan bahwa Indonesia tercatat peningkatan cadangan devisa pada bulan Desember 2016 sebesar US$10,5 miliar year-on-year, yang hal tersebut membuka jalan bagi optimisme yang lebih besar pada cadangan yang akan diikuti pada kuartal pertama tahun 2016 ini dimana pemerintah menetapkan amnesti pajak.

BI mengatakan bahwa cadangan devisa negara tercatat sebesar US$116.4 miliar pada bulan Desember 2016, tumbuh sebesar 10% dibandingkan pada Desember 2015 pada angka US$105.9 miliar.

Baca juga:  PLN Akan Hapus Golongan Listrik 4.400 VA ke Bawah

Related posts

Leave a Comment